QA (Quality Assurance)



Ada 3 hal yang penting dibalik berjalannya suatu perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun besar, yaitu 3Q (Quality Analysis, Quality Control, dan Quality Management).
Quality Assurance, merupakan salah satu upaya nyata dan terus menerus untuk memberikan kepuasan serta kepercayaan kepada konsumen. Quality Assurance bertugas untuk menyediakan informasi tentang usaha untuk mengikuti parameter mutu yang ditetapkan pada setiap tahapan proses produksi. Informasi tersebut digunakan untuk memeriksa tahapan proses produksi yang kurang tepat dan dapat mengakibatkan kerugian untuk produsen (Saputra dkk, 2011).
Peranan Quality Assurance
1.      Lebih fokus ke penyusunan sistem. QA berperan dalam memastikan setiap tahapan proses dijalankan sesuai dengan persyaratan normatif yang telah ditetapkan perusahaan, bukan hanya output saja. QA memiliki peran lebih besar dibandingkan QC karena dapat mencakup keseluruhan sistem operasional dalam perusahaan.
2.      Evaluasi sistem. QA berperan dalam memastikan sistem yang terbentuk dapat terukur dan terevaluasi dengan tepat efektif.
3.      Contract review. QA melakukan evaluasi terhadap spesifikasi yang ditetapkan terkait dengan kontrak/kesepakatan terkait dengan persyaratan kualitas. QA me-review seluruh parameter kualitas.
4.      Implementasi sistem. QA harus memastikan fungsi-fungsi dalam organisasi dapat menjalankan sistem secara tepat.
5.      Mengembangkan budaya food safety. QA harus memastikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan Pangan sudah diterapkan dalam perusahaan sehingga perusahaan dapat mengelola sistem dengan optimal (Lia Consulting, 2017).
Lantas, apakah perbedaan Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC) dalam industri pangan?
Singkatnya, QA adalah pemberi jaminan terhadap QC. QA menjamin produk yang dihasilkan perusahaan punya kualitas yang memenuhi syarat dan standar yang ada. Tujuan utama QA adalah mencegah adanya produk cacat mulai dari proses perencanaan hingga proses pengiriman produk ke konsumen. QA adalah prosedur untuk pencapaian mutu suatu produk, sedangkan QC adalah pelaksana dari prosedur tersebut (Widianto, 2018).

DAFTAR PUSTAKA
Lia Consulting. 2017. Peranan QA dalam Mengelola Sistem Manajemen Keamanan Pangan. [seafoodmanagementconsultant.wordpress.com] diakses pada tanggal 13 Februari 2020.
Saputra, dkk. 2011. Prinsip 3Q (Quality Assurance, Quality Control, Quality Management) dan Standar ISO 9001:2008 Pada Perusahaan. Vol I, No. 21. [www.cyberpustaka.wordpress.com] diakses pada tanggal 13 Februari 2020.
Widianto, R. K. 2018. Quality Assurance (QA) vs Quality Control (QC). [www.lordbroken.wordpress.com] diakses pada tanggal 17 Februari 2020.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK NEGERI 5 JEMBER

UJI KUALITATIF MONOSAKARIDA DAN DISAKARIDA

PROFIL SMASH